SERANG – Poster calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mulai bermunculan. Poster itu dipasang di berbagai lokasi yang dianggap strategis sehingga diketahui publik. Sebelumnya, sejumlah calon DPD dan juga caleg belum memasang poster sosialisasi karena terkendala anggaran.

Pantauan Radar Banten di sejumlah jalan protokol di Kota Serang dan Tangerang mulai marak poster dan atribut calon DPD dengan berbagai ukuran. Dalam poster dan atribut itu, calon DPD menampilkan nama jelas dan nomor urut mereka. Namun sedikit yang menuliskan slogan yang mereka usung dalam Pemilu 2009.

Salah satu tim barisan simpatisan Isbandi (Basis), A Rofik, saat dikonfirmasi membenarkan. Kata Rofik, sudah memasang poster calon DPD Isbandi di Serang, Tangerang, Cilegon, dan Pandeglang. “Sosialisasi ini perlu dilakukan sebagai bentuk penyebaran informasi figur DPD kepada masyarakat,” ujar Rofik.

Rofik menambahkan, sosialisasi harus dilakukan sebagai bentuk kepedulian agar masyarakat mengetahui calon DPD yang akan mewakili Banten di Senayan. “Sosialisasi sudah dilakukan, sekarang tinggal masyarakat yang menentukan pilihan,” ujarnya.

Terkait target pemilih, Rofik mengatakan, berharap calon DPD yang diusungnya mendapat simpatik dari pemilih pemula, kaum muda, berbagai kalangan profesi dan komunitas, masyarakat perkotaan dan pedesaan. “Meski ada beberapa nama tenar yang menjadi calon DPD, namun kami optimis calon yang kami dukung akan mendapatkan suara signifikan,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi lewat media poster dan atribut, ada juga sebagian calon DPD yang menggunakan media massa sebagai media kampanye. Namun yang menggunakan media massa sebagai media sosialisasi masih sedikit. Ada juga beberapa calon DPD yang menjadi sponsor utama dalam sebuah even kegiatan baik yang berskala tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi. (alt)