Kata ayam, lagi populer-populernya di keluarga kami. Yang ngucapin, tentu anak saya, Syawla El R (3,3). Anak pertama saya itu, kerapkali mengucapkan lafal ayam saat mencandai saya-juga mamahnya- dan teman-teman seusianya saat bermain di sekeliling rumah.

Di mana dia mendapatkan lafal itu. Ah, ternyata anak perempuan saya itu nonton acara Happy Family yang tayang di TransTV saban malam minggu dan malam senin. Syawla kalau nonton tivi, kadang ditemani sama om-nya atau mamahnya. Tapi, sering juga dia nonton sendirian dan tertawa geli saat mamahnya lagi istirahat di kamar.

Di acara itu, ada Ruben Onsu yang menjadi host-nya. Di sela-sela menjahili bintang tamunya, biasanya Ruben juga dijahili oleh si bintang tamu. Saat dijahili itu, Ruben sering kaget dan latahan. Dan kata-kata yang keluar dari mulut Ruben adalah, “Ayamm…ayam..ayamm.. eh ayam…”. Sejak itu, anak saya yang akan punya adik ini, pun mengucapkan kata-kata ayam, tentu saja dengan gayanya yang centil dan menggemaskan. Kadang ia sambil ruben-dalammenjatuhkan diri ke lantai (berguling maksudnya) untuk menirukan gaya Ruben yang kadangkala juga terjatuh karena kesandung saat dijahili sang bintang di tivi. Kalau lagi main sama teman-temannya, Syawla mencandai dengan kata-kata ayam itu yang juga diikuti oleh teman-temannya. Masih untung kata ayam…(*)

 

Minggu (11/1/2009) malam, pukul 21.45 WIB