1-okeee-kampanye-sby-masaAlun-alun Kota Serang, Jumat (27/3/2009), menjadi lautan massa biru. Mereka menyemut hingga ke luar Alun-alun. Sepanjang kemarin juga, lalu lintas Kota Serang nyaris lumpuh oleh lautan biru.

—————

Meski kampanye Partai Demokrat baru dimulai pukul 13.30 WIB, namun gelombang massa sudah mulai berdatangan sejak pukul 11.00 WIB. Mereka datang dengan menggunakan berbagai kendaraan roda empat dan roda dua. Sementara warga sekitar Alun-alun datang dengan berjalan kaki. Di antara massa, banyak ibu-ibu yang membawa serta anak-anaknya yang belum menjadi pemilih dalam pemilu. Anak-anak seumuran sekolah dasar itu pun mengenakan kaos Partai Demokrat sambil memegang atribut partai.

Hingga pukul 14.00 WIB, massa yang terdiri dari ibu-ibu dan kaum muda terus merangsek masuk ke dalam Alun-alun . Meski terik matahari menyengat, namun mereka tetap masuk untuk mendekati arena panggung utama. Saat itu mereka dihibur dengan grup band lokal. Yang menjadi MC kampanye kemarin adalah artis Andhara Early, Edwin dan Jody. Ketiganya tampil cukup baik membawakan acara.

Tiba-tiba, massa histeris sekira pukul 14.13 WIB. Ternyata di atas panggung ada grup band papan atas Indonesia, Ungu. Kehadiran Ungu mampu menyedot ribuan massa untuk tetap bertahan. Di atas panggung Ungu menyanyikan dua lagu hits mereka yang membuat massa berjingkrak-jingkrak. Setelah Ungu, giliran penyanyi dangdut Cici Faramida menghibur massa. Sama dengan Ungu, Cici juga membawakan dua lagu dangdut yang sudah sangat familiar di telinga massa. Ribuan massa langsung bergoyang seiring Cici melantunkan lagu-lagu hits.

Usai Cici, giliran Siti KDI yang tampil di atas panggung. Siti juga mampu membawa ribuan massa biru untuk bergoyang. Terlihat massa sangat menikmati kampanye ini karena bertaburan bintang. Tidak lama kemudian, Dewi Yull juga muncul di atas panggung. Berbeda dengan penyayi sebelumnya, Dewi membawakan ‘sholawat’ yang diikuti massa. Hal ini membuat suasana menjadi lebih teduh karena lantunan suara Dewi Yull yang merdu.

Panggung hiburan tidak berhenti sampai di situ saja. Massa terus disajikan artis-artis ternama. Puncaknya sekira pukul 14.50 WIB, Andra The Backbone muncul. Grup band yang digawangi Andra ini membawakan dua lagi hits mereka yang mampu menghipnotis massa untuk menyanyi bersama. Semua penampilan artis ini dibalut dengan warna biru, warna kebesaran Partai Demokrat.

Tepat pukul 15.00 WIB, mendadak panitia dan aparat keamanan supersibuk. Mereka terus berjaga-jaga di seputar panggung. Ah, ternyata Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, tiba. SBY didampingi istrinya, Ny Ani Yudhoyono, anaknya, Edie Baskoro, salah satu ketua DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng, Menteri Pariwisata Jero Wecik, dan sejumlah pengurus teras DPP Partai Demokrat lain.

Sesampai di atas panggung, SBY sekira pukul 15.01 WIB, SBY langsung berorasi di hadapan ribuan massa. Sebelum mengucapkan salam, SBY beberapa kali melambaikan tangganya kepada massa yang disebut histeris. “Saya senang dan bangga di sini, karena melihat Serang menjadi menjadi biru yang sangat luas. Ini baik untuk kerja sama membangun bangsa yang lebih baik,” ujar SBY.

Kata SBY, pemerintah akan melanjutkan berbagai program pro rakyat yang sudah dirasakan manfaatnya. “Apakah kalian ingin program pro rakyat dilanjutkan?” tanya SBY. Kontan massa menjawab, “Setuju”. “Alhamdulillah,” sambung SBY. Kemudian massa berteriak, “Lanjutkan..lanjutkan..lanjutkan..” SBY mengangkat dua tangannya untuk meminta massa kembali tenang.

SBY mengatakan, salah satu program pro rakyat itu adalah bantuan langsung tunai (BLT), PNPM, dan program keluarga harapan (PKH). “Itu semua agar rakyat kita tidak susah lagi. Dana PNPM yang berjumlah Rp 322 miliar itu tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun desa,” harapnya.

SBY juga menyambung, “Saat ini kita juga sedang dilanda bencana. Saya baru saja

“Di masa krisis, Indonesia termasuk negara yang kuat karena masih tetap bertahan. Ini semuanya karena semata-mata karena berkat kerja sama kita semua. Selain itu, negara kita juga makin aman karena kerusuhan dapat diminimalisasi. Apakah kalian ingin, keamanan ini dipertahankan,” ucap SBY. Lagi-lagi massa menjawab, “Ya. Lanjutkan.”

SBY juga menyinggung prestasi pemerintahannya dalam memberantas korupsi. Kata SBY, selama pemerintahannya berhasil memberantas kasus-kasus korupsi yang merugikan keuangan negara. “Apakah kalian ingin pemberantasan korupsi dilanjutkan? Ujar SBY. Massa menjawab, “Ya”. “Apakah kalian ingin ekonomi buruk lagi,” Tanya SBY lagi. “Massa menjawab, “tidak”.

PARIWISATA BANTEN

Di akhir orasinya, SBY menyinggung Banten. Kata dia, pariwisata di Banten sangat menjanjikan. “Jumlah wisatawan di Banten dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini tentu membanggakan,” ujarnya seraya menyebutkan salah satu tempat wisata di Banten adalah Tanjung Lesung dan Ujung Kulon.

Agar massa tidak jenuh mendengarkan orasi, SBY lalu mengajak Ungu untuk duet menyanyi. “Sekarang kita nyanyi dulu, sebelum orasi saya dilanjutkan,” kata SBY. Saat itu, bersama Ungu, SBY menyanyikan lagu “Demokrat”. Usai nyanyi, SBY melanjutkan orasi politiknya. Sama dengan orasi di awal-awal, SBY lebih banyak memuji keberhasilan pemerintah.

Mendekati berakhirnya waktu kampanye, SBY lalu mengajak Andra The Backbone untuk duet bersama untuk menyanyikan lagu, “Sempurna”. Usai menyanyi itu sekira pukul 15.23 WIB, SBY menyudahi orasi politiknya. “Sekali saya mengucapkan terima kasih. Sampaikan salam saya kepada keluarga di rumah. Sekali lagi saya mengagumi Banten. Terima kasih,” tutup SBY.

Usai pidato, SBY lalu langsung pulang. Massa yang berjubel di Alun-alun pun perlahan-lahan ikut bubar. Massa yang keluar Alun-alun dan menyemut di jalan-jalan utama membuat Kota Serang lumpuh. (*)

Serang, 12 hari lagi pemungutan suara pemilu 2009.

foto: yan cikal/radarbanten